Boy Rafli Amar

Brigjen. Pol. Drs. Boy Rafli Amar gelar Datuak Rangkayo Basa (lahir di Jakarta, 25 Maret 1965) adalah seorang perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten. Sebelumnya ia menjabat sebagai Karopenmas Divhumas Polri (Kepala Biro Penerangan Masyarakat-Divisi Hubungan Masyarakat-Kepolisian Republik Indonesia). Ia mendapatkan pangkat bintang satu sewaktu menduduki jabatan Karopenmas Divhumas Polri pada bulan Juni 2012 setelah dipromosi dari jabatan sebelumnya, yaitu Kabagpenum Ropenmas Divhumas Polri dengan pangkat Komisaris Besar Polisi.


Riwayat
Kehidupan pribadi
Boy Rafli Amar lahir di Jakarta pada 25 Maret 1965 dari pasangan Minangkabau. Ayahnya berasal dari Solok sedangkan ibunya dari Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat. Ia adalah cucu dari sastrawan Indonesia, Aman Datuk Madjoindo. Boy menikah dengan Irawati dan telah dikaruniai dua orang anak.
Pada tanggal 29 November 2013, dia diangkat sebagai kepala kaum suku Koto, nagari Koto Gadang, Agam, dengan gelar Datuak Rangkayo Basa.

Pendidikan dan karier
Boy Rafli Amar menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus pada tahun 1988 dengan pangkat Inspektur Dua Polisi (Ipda). Pada tahun 1991 pangkatnya naik menjadi Inspektur Satu Polisi (Iptu). Ketika berpangkat Komisaris Polisi pada tahun 1999, dia ditugaskan ke Bosnia sebagai Wakil Komandan Kontingen Garuda XIV.

Jenjang karier
Wakil Komandan Kontingen Garuda XIV (1999)
Kapolres Pasuruan Jawa Timur (2006)
Kanit Negosiasi Subden Penindak Densus 88/Anti Teror Mabes Polri
Direskrim Polda Maluku Utara (2008)
Kapoltabes Padang (2008)
Kabid Humas Polda Metro Jaya (2009)
Kabagpenum Ropenmas Divhumas Polri (2010)
Karopenmas Divhumas Polri (2012)
Kapolda Banten (2014)

Penghargaan
Penghargaan dari PBB dalam bidang perdamaian
Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun
( id.wikipedia)